Panduan Lengkap Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Youtube Channel Update Terkini

Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Youtube Channel Update Terkini


Panduan Lengkap Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Youtube Channel Update Terkini - Cocok banget untuk menjadi youtuber pemula yang mau belajar, mulai dari contoh berapa gaji youtuber, cara buat akun youtube, cara mengupload video ke youtube, tips dan cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang, dan bagaimana cara mengambil gaji dari youtube.

Youtube merupakan situs web berbagi vidio yang di rintis oleh tiga sekawan mantan pegawai perusahaan jasa pembayaran online kelas dunia Paypal. Di Youtube kita bisa mengunggah vidio dan menonton vidio unggahan orang lain. Kantor pusatnya sendiri berada di San Fransisco, California, Sedangkan untuk menampilkan konten vidio para kreatornya, youtube menggunakan teknologi Adobe flash player dari Adobe dan HTML5. Vidio pertama kali di unggah pada tanggal 23 April 2005 oleh jawed karim salah satu pendiri Youtube berjudul met at the zoo .


Di indonesia sendiri sudah banyak para konten kreator yang sudah terbukti mendapatkan puluhan juta dari youtube, sebagai contohnya adalah Atta Halilintar yang sudah menjadi master konten kreator asia dengan total saat ini 13 juta subcriber . dengan kisaran pendapatan 31.000 sampai 500.000 Dollar tiap bulannya, sangat besar bukan ?. trus sekarang kamu akan diem aja, tidak terinspirasi gitu. 

pendapatan yotuber atta halilintar

Saat ini untuk mendapatkan uang dari youtube ini sudah masih cukup mudah, Selagi kamu benar - benar ingin berusaha memberikan konten terbaik untuk para pemirsa vidio kamu. OK langsung saja kita bahas seperti apa cara terbaru mendapatkan uang dari channel youtube, berikut ulasannya.


Tahapan atau Cara mendapatkan uang dari channel Youtube :

1. Bikin Channel Youtube

Caranya cukup mudah, kamu tinggal login ke dasbord youtube dengan menggunakan akun google kamu. Selanjutnya Buatlah nama channel youtube yang menarik, sehinggal mudah di ingat oleh orang dan sesuai dengan konten vidio yang akan kamu buat nantinya

2. Mengupload Vidio Ke Youtube

Cara mengupload vidio ke youtube ini cukup mudah, kamu tinggal klik icon kamera di samping kolom pencarian, di website atau di aplikasi youtube kamu. Lalu tinggal kamu pilih vidio mana yang akan kamu upload ke akun youtube kamu

3.  Monetisasi Channel YouTube 

Cara Selanjutnya untuk monetis channel kamu, pilih di menu "account information" - “Creator Studio” Kemudian klik menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Terakhir klik “Enable Monetisation”. Dan setujui semua agreement yang ada.

4. Kaitkan Channel Youtube ke AdSense

Sesudah menetisasi di channel kamu aktif, Selanjutnya kamu perlu melakukan associate dan approved AdSense account Kamu ke akun Youtube. Maka akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Kamu gunakan untuk melakukan track penghasilan Kamu, dan bisa kamu ambil dengan melengkapi Youtube payment treshold.

5. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada Channel Youtube

Caranya sebagai berikut :

  • Video harus user-friendly maksudnya harus mudah di cerna dan di pahami oleh para penonton
  • Vidio harus karya asli Kamu agar dapat di-promote
  • jangan melakukan plagiasi dari vidio di internet, karena akan melanggar ketentuan youtube
  • kamu harus memahami Terms of Service dan Community Guidelines youtube
  • cukup sekali mengaktifkan fitur monetisasi

6. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Selain kamu bisa mendapatkan pendapatan dari iklan andsens, kamu juga bisa memjual produk kamu sendiri atau di mana kamu bekerja

7. Menjual Video di Website Penjualan Video

Pendapatan selanjutnya kami bisa menjual vidio hasil karya kamu di website vidio berbayar, dengan cara kamu membuat tester di vidio kamu dan mengarahkan ke website berbayar untuk vidio versi lengkapnya.

8. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Cara lainnya, kamu bisa mengarahkan penonton kamu untuk membeli produk orang lain, yang mana kamu sudah bekerja sama afiliasi dengan penjual, dan kamu akan mendapatkan komisi pada setiap produk yang terjual dari link afiliasi kamu.

9. Menarik Sponsorship

kamu bisa mendapatkan iklan dari selain youtube yaitu dengan langsung dari pengiklan dengan cara sponsorship pada tiap vidio yang akan kamu opload.

10. Melakukan Jumpa Fans untuk Meningkatkan Customer Engangement

Cara selanjutnya kamu bisa merambah ke bisnis offline dengan cara bertemu langsung dengan fans pemirsa channel kamu dan akan meningkatkan kedekatan kamu dengan para subcriber, dan kamu bisa menjual produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Atau dengan menjual pernik2 yang identik dengan channel kamu.

11. Berpikir Out of The Box

Selanjutnya kamu harus berpikir diluar kebiasaan kamu, dengan tujuan untuk menbuat vidio yang akan viral, sehinggal channel kamu akan banyak di kenal orang. 

Tipe-tipe Video yang Sering Ditonton oleh banyak orang

Kami harap bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan vidio seperti apa yang akan dan bisa kamu lakukan :

  • vidio narasi tentang fakta menarik, komentar terhadap berita terkini, ataupun komentar terhadap film ataupun lagu yang sedang hits / viral
  • Vidio tentang kumpulan fakta menarik dengan daftar yang sudah kamu rangkum seperti yang di lakukan oleh channel calon sarjana misalnya.
  • Vidio tentang tutorial atau cara dan tahapan dalam melakukan sesuatu.
  • Vidio tentang sensasi atau rasa pertama kamu membuka bungkus produk yang baru saja kamu beli atau biasa di sebut dengan unboxing
  • Vidio tentang edukasi atau belajar dalam suatu hal yang tentunya harus kamu kuasai terlebih dahulu dengan akan memberikan value kepada para penonton


Setelah kamu memutuskan vidio seperti apa yang ingin kamu buat, jangan lupa untuk mengetahui hal apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam membuat vidio untuk channel youtube, dan pastikan vidio kamu tidak melanggar ketentuan youtube. 

Berikut hal hal yang tidak boleh dilakukan oleh para creator youtube :


  • Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube Kamu sendiri. Tindakan kecurangan Kamu akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan Kamu akan dikenakan sanksi
  • Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Dan untuk lebih menarik jangan lupa untuk lakukan hal berikut di channel youtube kamu :


  • Membuat video yang tampilannya bagus (resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb)
  • Membuat video yang menarik kontennya bagi penonton agar menontonnya dari awal hingga akhir tayangan
  • Membuat video yang meningkatkan engangement, dengan mengajak penonton untuk berkomentar atau share video
  • Mengajak penonton untuk menjadi subscriber pada YouTube channel Kamu
  • Memberikan nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan Kamu, memberikan deskripsi video yang sesuai pula dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO
  • Membuat banyak sekali video sesering mungkin
  • Mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Kamu di semua sosial media yang ada


Mengenal Istilah CPM dan RPM dalam Pendapatan channel YouTube 

Definisi CPM

CPM adalah Cost per Mille, yang berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Kamu, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Kamu yaitu:

Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)

Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. contoh perhitungan pendapatan berdasarkan jumlah iklan yang tampil di channel youtube seperti berikut ini :

1000 views = $1 
10.000 views = $10 
100.000 views = $100 
1.000.000 views = $1000 
10.000.000 views = $10,000 

Hitungan ini adalah hitungan minimal, jadi bisa saja lebih tinggi tergantung pada jenis iklan yang tampil, dan biasanya di pengaruhi oleh target market si pengiklan seperti waktu, tempat, jenis konten, umur penonton dan gender penonton vidio kamu. 

Definisi RPM

RPM singkatan dari Revenue per thousand impressions. Maksudnya, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan dari keseluruhan total RPM saluran YouTube Kamu. Rumusnya adalah:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Ketentuan Monetisasi Channel Youtube Update Terkini
Vidio Channel Kamu harus di tonton minimal total 4.000 jam 
Channel YouTube kamu harus memiliki minimal 1.000 Subcriber
Setelah di terima monetisasi, kamu bebas menentukan tempat di mana iklan akan tampil, dan kamu juga bisa memasang link website di akhir vidio kamu

Syarat pencairan pendapatan Youtube Chanel


  • Channel sudah diterima monetisasi oleh adsense google
  • Sudah verifikasi PIN akun adsense
  • Penarikan minimal 100$ atau Rp 1.400.000 (dengan konversi $1 : Rp 14.000)
  • Pecairan bisa di akses di akun adsense dan biasanya di transfer ke akun adsense setiap tanggal 21-25 setelah menerima notofikasi, pendapatan sudah di kirim ke akun adsense.


Metode pengambilan bisa melalui salah satu jalur berikut :

  • Western Union (WU) dan biasanya kita ambil melalui kantor pos
  • Menggunakan Cek (hanya bisa di amerika)
  • Transfer ke rekening bank lokal (transfer antar bank ) namun biasanya akan dikenakan biaya transfer dan biaya administrasi bank terkait, sedangkan untuk jumlah biaya sesuai peraturan bank yang kamu gunakan untuk menerima uang. Untuk akun adsense terbaru hanya bisa menerima pembayaran melalui transfer antar bank saja. sedangkan untuk WU hanya bisa digunakan oleh akun yang sudah lama, yang masih menggunakan nominal Dolar di akun adsense nya. 



Itulah beberapa materi yang harus kamu ketahui dengan benar dan jangan sampai melewatkan satupun, dengan harapan channel kamu akan tumbuh dengan baik di kemudian hari. untuk informasi lebih lengkap lainnya, atau mau cari cara cari uang online lainnya sesuai pasion kamu, kamu bisa donwload aplikasi panduan cara mencari uang online di playstore, dengan nama "66 CARA CARI UANG ONLINE"

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel